Thursday, November 29, 2018

Pengalaman Seleksi MDP PT. Mega Central Finance


Gue mau sharing lagi tentang pengalaman ikut berbagai tahapan seleksi untuk posisi Management Development Program (MDP) PT. Mega Central Finance.

Pertama kenapa gue bisa tau ada lowongan itu dari Jobstreet, karena gue Fresh Graduate, baru banget netas bulan September jadi segala hal dicoba. Nah, di jobstret itu berkas gue diseleksi, Alhamdulillah dapet notif di E-mail untuk mengisi form gitu buat menentukan dimana kita mau ikut Psikotes nya. Gue pilih di Jakarta tanggal 27 November 2018. Oke, akhirnya gue persiapkan itu semua, seperti berkas-berkas yang dibutuhkan dan printilan lainnya. Gue tes di Wisma 76 daerah slipi kemanggisan jam 9 pagi. Searching lah naik angkutan apa aja dari Bekasi ke slipi. Informasi yang gue dapet, harus naik Mayasari jurusan Bekasi-Kalideres, nanti turun di Slipi nya dengan ongkos Rp. 13.000,-

Pada hari sebelumnya gue nyiapin pakaian yang mau dipake dan hal-hal yang harus dibawa. Gue tidur tuh, trus bangun shalat, mandi, rapih-rapih, ngemil roti, trus langsung jalan naik grab ke terminal. Nanya-nanya sama supir busnya katanya iya turun depan wisma 76, yaudah gue duduk nyantai. Akhirnya sampe tuh jam setengah 9, turun di slipi jaya, gue nyebrang naik jembatan penyebrangan. Gue jalan dikit, ada keliatan tulisan wisma 7…. Gue langsung masuk lah, ke receptionist nanya “Pagi mbak, mau nanya bener gak ini tempat MCF?” trus mbak nya bilang “oh bukan, itu di wisma 76 sebelah gedung ini lagi.” trus gue bilang “emang ini apa?” kata mbak nya “ini wisma 77 mbak.” Ya tuhaaaaan gue malu banget trus gue langsung bilang terimakasih dan ngibrit pulang.

Gue jalan lagi, dan nyampe dah tuh. Ketemu sama pak satpam nanya dulu dong, trus bener, dikasih id card sebagai visitor dan langsung masuk menuju lift ke lantai 23. Sampai lantai 23, gue buka pintu ruangan, trus disitu baru ada 2 orang. Gue duduk pinggir deket pintu masuk, samping gue cewek berjilbab selang sebelahnya lagi itu cowok. Gue kenalan sama mbak nya, namanya Clarita dari Depok angkatan 2013, yaudah kita ngobrol-ngobrol. Oh iya, saat itu gue belum ngeprint salah satu persyaratan nya dong, yaitu form yang dikirm via email. Pagi itu gue gak nemu tempat print sama sekali, yaudah gue pasrah. Gue jadi keliatan kayak gak niat gitu jadinya, udah mana pake sepatu sneakers, gak bawa pensil, gak bawa form nya. Gue udah mikir takut di usir sebelum mulai tes wkwk.
Saat udah pada ngumpul, ada mas-mas dateng dan nyuruh masuk dan ikutin dia. Kita masuk ke dalam ruangan, trus duduk dikuris yang disediain. Duduk nya per urutan nama, dan seperti biasa karena nama gue berhuruf depan ‘A’ jadi duduk paling depan banget. Oh iya sebelumnya disuruh absen gitu, lupa ada berapa orang yang tes, sekitar puluhan orang pokoknya. 

Mulai test tuh, ada banyak alat tes psikologi yang digunain. Di tahap psikotes pertama ada Culture Fair Intelegence Test (CFIT); DISC; Papi Kostic; IST 2, 3, 4, 5, 7, 9; trus saat itu langsung diskoring didapat lah nama-namanya, ada sekitar 18 orang yang diambil untuk melakukan tes berikutnya. Tes berikutnya ini menggambar, alat tes nya kemarin WZT, DAP, BAUM, HTP, setelah itu ada Focus Group Discussion (FGD). Nah dari semuanya itu disaring lagi, tinggal 8 orang. Tahap seleksi berikutnya yaitu wawancara HRD untuk 8 orang itu. Dan seperti biasa, nama gue kebagian pertama yang diwawancara sekitar 10 menit diruangan khusus interview. Santai sih tentang pribadi dan seputar form yang diisi aja. Oh iya btw, gue udah ada form nya dikasih sama kak Putri, jadi sebelum mulai test tuh gue banyak ajak ngobrol orang dan bilang kalo gue gak bawa form (strategi buat melepaskan kecemasan gue sebenernya) trus pas ngobrol sm kak putri dia anak psikologi juga angkatan 2013 dari UII Jogja, dan dia nawarin punya form satu lagi. yaAllah super beruntung banget gue. Malaikat penolong gue banget thanks yah kak Putri. Lanjut cerita yah, nah setelah gue kelar wawancara, masuk lagi ke ruangan tes tadi dan ngumpul sama yang lain, wawancaranya bergantian. Sambil nunggu yang lain ngobrol deh tuh kita, dari 8 orang itu perempuannya Cuma 3 orang, gue, kak clarita, sama kak putri. Sisanya cowok dengan berbagai angkatan yang berbeda diatas gue. Setelah kelar semua sekitar maghrib, di umumin tuh 4 orang yang lolos interview untuk melanjutkan ke interview sama direksi. Gue sih mikirnya gak bakal ke terima, karena saat wawancara kebanyakan cengengesan dan nyengir-nyengir. Sebelum-sebelumnya kalo diumumin tuh biasanya nama gue duluan yang disebut, nah ini mah engga, pertama bukan gue, kak clarita, mas ebis, trus kak putri, jadi gue kayak Alhamdulillaah gak lolos sambil senyum2 gaje. Eh pas paling terakhir tau nya nama gue disebut Arum Fadiah Sherfini. mashaaAllah duh gimana dong, gue berasa gimana gitu. Gue yang paling kecil diantara mereka malah baru banget lulus, di Bekasi aja baru sebulan. Trus setelah itu kita ditanya kapan siap interview direksi, dikasih pilihan hari Rabu sore atau Kamis pagi. Trus aku, kak clarita, sm kak putri, kompakan bilang rabu sore, satu lagi mas ebi, dia mah ikut aja katanya. Yaudah jadinya rabu sore.

Gue pulang tuh langsung, wah ternyata hujan deras banget diluar, mana udah hampir isya. Gue nunggu mayasari gak muncul-muncul. Gue kayak bocah ilang dah saat itu sendirian dipinggir jalan sambil menoleh kiri-kanan. Trus gue putuskan untuk coba ke halte busway siapa tau ada arah Bekasi. gue naik jembatan penyebrangan jalan, trus ke tempat loketnya buat nanya ada gak arah Bekasi, katanya ada, yaudah gue masuk tuh pake mega card, trus tunggu TJ grogol-bekasi timur. Setelah setengah jam lebih kayanya deh akhirnya dateng bisnya, gue naik dan dapet tempat duduk alhmadulillaah. Pas di pancoran sm senayan kalo gak salah itu mulai rame banget. Sampe tol timur gue langsung naik ojek deh.

Keesokan harinya gue berangkat dari rumah abis shalat zuhur tuh ke arah halte busway di BTC, ternyata gak ada yang arah  grogol katanya Cuma ada di jam sibuk, yaudah gue naik yang ke cawang UKI transit dulu jadinya trus baru dari situ naik ke arah pinang ranti-pluit. Nyampe deh di halte slipi kemanggisan, dan gak akan salah masuk gedung lagi, langsung ke gedung wisma 76. Trus ke lantai 23, pas banget jam 3 kurang gue nyampe ternyata gue yg paling terakhir nyampe. Trus kita disuruh tunggu dulu, setelah itu dibawa ke lantai 12. Disitu nunggu lagi. Dan mas khairul bilang, interview nya berurutan lagi dari Arum yah. Ahhh yampun dalam hati gue kenapa gue harus pertama lagi. Akhirnya gue masuk tuh. Ditanya ini-itu paling 10 menitan, ibu nya baik dan ramah, ternyata beliau orang psikologi juga. Pas keluar ruangan gue sih feeling gak bakal ke terima nih ditahap interview akhir ini, soalnya ibu nya bilang kayanya kalau untuk kepala cabang terlalu keras buat gue. Wkwk. Trus yaudah, pas magrib gitu pengumuman dilantai 23, yang diterima nya pun hanya 2, mas ebi dan kak clarita. Setelah itu gue pulang naik TJ lagi, dan gue bersyukur banget, seneng, bisa dapet pengalaman dan bisa sambil belajar banyak hal, ketemu temen-temen baru yang asik dan seru. Oh iya untuk diterima di MDP ini tahap nya tuh :

1.       Psikotes
2.       Interview HRD
3.       Interview Direksi
4.       Medical check up

Kalau udah diterima kita wajib ngikutin training dan ikatan dinas 2 tahun, selama itu ijazah kita ditahan, kalau kita keluar denda 60jt katanya. Tapi pasti gitu sih, karena biar gak sembarangan keluar-masuk kan seleksi nya aja agak berat juga, ditambah memang untuk calon-calon kepala cabang, jenjang karir bakal langsung cepat melejit dengan salary yang pasti juga aduhai, baru training aja katanya digaji 4jutaan, kalo udah kelar bisa lebih dari itu. Makanya peminatnya banyak dan seleksi yang ketat.

Hmm. Panggilan kerja yang pertama kali gue ikutin bisa sampe tahap interview direksi udah sesuatu yang membanggakan bagi gue, diantara ke 4 nya gue yang paling muda pula. Jadi cukup beruntung gue. Thanks god, Im blessed. Alhamdulillaah.

2 comments:

  1. Hallo ka Arum, btw ceritanya jadi ikut deg deg an ikutan gelisah ntah gatau kenapa, ka boleh nanya lebih lanjut ? Bisa via email kaka atau dm IG kaka terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo maaf yah baru membalas. Silahkan kalau mau nanya via email atau DM instagrama aja yah. terima kasih :)

      Delete